Powered by Calendar Labs

Kamis, 24 Desember 2015

silabus matematika smp kelas VII semester 2



SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA


Satuan Pendidikan                         : SMP

Kelas/Semester                               : VII/2

Kompetensi Inti                                : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya





2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3  Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.





5.1  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;

5.2  Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri;

5.3  Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.


Segiempat dan Segitiga
·      Sifat-sifat Segiempat
·      Keliling dan Luas Segiempat
·      Sifat-sifat Segitiga
·      Luas dan Keliling Segitiga







































































































Mengamati
§  Mengamati gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan konsep segitiga dan segiempat, seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang berbentuk segitiga, bentuk jendela, kaca, pintu, kebun berpetak dan lain sebagainya

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana seorang tukang bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk segitiga dan segiempat.
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek segitiga dan segempat, misal bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan bangun datar pada kehidupan sehari-hari

Mengeksplorasi
§  Mengidentifikasi dan menjelaskan benda-benda dengan permukaaan berbentuk segitiga atau segiempat yang bersifat alamiah ataupun buatan manusia untuk kepentingan estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi ergonomisnya
§  Menggambar atau melukis segitiga dan segi empat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan modelnya. Mengukur sudutnya dengan dengan menggunakan busur derajat
§  Menentukan jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
§  Mendiskusikan dan menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
§  Menggambar, mendemonstrasikan atau memperagakan berbagai bangun segitiga dan persegi panjang dengan luas atau keliling tertentu dengan bantuan alat atau tanpa alat peraga
§  Mendiskusikan dan menjelaskan cara menghitung luas segi empat lainnya (trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang) atau bangun gabungan melalui pengamatan atau eksperimen
§  Mendiskusikan cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan
§  Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
§  Melakukan diskusi cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki, garis bagi , garis berat dan garis sumbu
§  Mendiskusikan, membahas dan menjelaskan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan sisi-sisi, sudut pada segitiga dan segi empat serta masalah keliling dan luas
§  menyusun beberapa potongan puzzle menjadi bangun segi  empat tertentu serta mendiskusikan dan mengidentifikasi sifat – sifat persegi , persegi panjang , trapezium , jajaran genjang belah ketupat dan layang-layang melalui bangun- bangun datar.
Mengasosiasi
§  Menganalisis dan melukis berbagai jenis segitiga dengan karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris dan jangka
§  Menganalisis, mengkaitkan dan mendefinisikan secara lebih persis perbedaan dan persamaan segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga lancip, segitiga tumpul, persegi, persegi panjang, trapezium, jajar genjang, belah keupat, layang-layang
§  Menganalisis persamaan dan perbedaan dari garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga
Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segitiga  yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segiempat  yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan segiempat dan segitiga
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah segitiga dan mencari informasi seputar macam-macam segiempat

Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan segiempat dan segitiga kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
§  Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan segitiga  dan segiempat
§  Menilai keterampilan memecahkan permasalahan keseharian yang melibatkan segitiga dan segiempat

25 jp






Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga segiempat dan segitiga
6.1  Menyelesaikan Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel

6.2  Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

6.3  Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
Persamaan dan Pertidaksmaan Linear satu Variabel serta aritmetika sosial
·      Kalimat Tertutup
·      Kalimat Terbuka
·      Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel
·      Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
·      Penyelesaian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Aritmetika Sosial
·      Nilai Suatu Barang
·      Harga Penjualan
·      Harga Pembelian
·      Untung
·      Rugi
·      Diskon, Pajak, Bruto, Tara, dan Netto
·      Bunga Tunggal
Mengamati
§  Mengamati gambar/foto/video peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan hubungan fungsional atau penggunaan persamaan linear satu variabel, seperti panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh dsb, serta hubungan fungsional atau penggunaan pertidaksamaan linear satu variabel, seperti., seperti usia minimal mendapatkan SIM, tonase kendaraan angkut dsb.

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya berbagai kejadian perubahan besaran yang berakibat pada perubahan besaran lainnya
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan bagaimana tingkat pengaruh perubahan berdampak pada perubahan besaran lainnya, misal: kecepatan datangnya banjir dengan lebar sungai, kecepatan berbagai jenis kendaraan yang dipengaruhi oleh kondisi jalan, dsb

Mengeksplorasi
§  Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang merupakan hubungan fungsional atau berkaitan dengan persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
§  Menyatakan berbagai peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang ke bentuk ekspresi aljabar secara umum dan yangberupa persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
§  Menyatakan suatu persamaan / pertidaksamaan linear satu variable ke dalam bahasa verbal sehari-hari dan memberikan contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§  Mendeskripsikan dan mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan derajat dari persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
§  Mendiskusikan cara penyelesaian persamaan linear/pertidaksamaan satu variabel melalui memanipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana yang setara dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama
§  Mendiskusikan dan menjelaskan perbedaan kesamaan, persamaan, ketidaksamaan, dan pertidaksamaan, persamaan linier satu variabel dan pertidaksamaan linier satu variabel
§  memberikan contoh kasus keseharian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan menyusunnya dalam model matematika yang sesuai.
Mengasosiasi
§  mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan kalimat terbuka atau tertutup bentuk linear, kalimat yang memiliki nilai kebenaran, kalimat yang tidak memiliki nilai kebenaran
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan menjelaskan argumentasi kesetaraan berbagai bentuk persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
§  Menganalisis, memodelkan dan keterkaitan antara bentuk persamaan/pertidaksamaan nonlinear satu variable yang dapat diselesaikan dengan mengubah ke bentuk linear
§  Menyimpulkan dan menguji kebenaran pengertian persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan contoh-contoh yang telah dipelajari

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel, contoh masalah persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penggunaan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel  kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan persamaan linear:
§  bentuk verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
§  kesetaraan PLSV/ PtLSV
§  solusi PLSV/ PtLSV
25 jp
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.

Aritmetika Sosial
Mengamati
§  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep aljabar dalam masalah aritmatika sosial, seperti proses transaksi jual beli dalam perdagangan disebuah kantin sekolah, bentuk lembah gunung, reproduksi makhluk hidup dsb.

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya bagaimana aktifitas sehari-hari yang melibatkan penggunaan bilngan, besaran-besaran yang nilai dipengaruhi oleh besaran lain, misal:harga dan kualitas barang, kecepatan dan waktu tempuh, dsb.
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan apakah berbagai kejadian sehari-hari dapat dimodelkan dengan rumus tertentu, dsb.

Mengeksplorasi
§  Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi atau bentuk aljabar
§  Menyatakan suatu bentuk aljabar ke dalam bahasa verbal sehari-hari dan memberikan contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§  Mendeskripsikan dan mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan derajat dari ekpresi aljabar
§  Mendiskusikan, membahas, mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah sederhana aritmetika social (seperi berbagai bentuk transaksi jual beli, pendapatan dan belanja di keluarga atau lembaga, simpan pinjam, bunga kredit, deposito, tabungan, dsb) serta menyatakan bentuk aljabarnya ke dalam berbagai bentuk penyajian.
§  Melakukan pengamatan kegiatan perdagangan di pasar, warung, kantin sekolah, kemudian membuatkan model matematikanya
§  melakukan pendataan melalui wawancara antar anggota sekolah mengenai pengalaman transaksi ekonomi (nama barang, harga beli, harga jual), kemudian mengolah data (untung/rugi) dan mempresentasikannya serta  menyimpulkan bersama apa yang dimaksud pengertian harga jual, beli, untung dan rugi.
§  Menimbang barang/makanan kemasan yang berisi netto (dalam gram) dengan neraca ohauss dan  membuat tabel yang berisi nilai berat hasil timbangan(brutto), berat pada kemasan(netto), dan menghitung selisihnya.
§  Menjelaskan, merumuskan model matematika, memilih dan menerapkan strategi melalui manipulasi alajabar untuk menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana (seperti masalah harga produksi, jual, beli, untung, dan rugi, masalah berat neto, bruto, dan tara)
Mengasosiasi
§  Menganalisis penerapan konsep aljabar yang terkait dalam aritmatika sosial sederhana
§  Merumuskan suatu permasalahan aritmatika sosial sederhana dengan menggunakan model matematika

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penerapan konsep aljabar dalam menyelesaikan suatu permasalahan aritmatika sederhana yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya















Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan aritmatika sosial sederhana
§  Tugas mandiri tidak terstruktur:mencari informasi sejarah seputar perdagangan

Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan aritmatika sosial kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan









Tes
§  Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan konsep aljabar yang diterapkan dalam masalah aritmatika sosial sederhana
§  Menilai keterampilan menyelesaikan suatu permasalahan yang melibatkan konsep aljabar


Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, Peristiwa sehari-hari, lingkungan.
Uang mainan, barang di sekolah
7.1  Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan obyek-obyek geometri;

7.2  Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik;

7.3  Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan permasalahan nyata.


Transformasi
·      Translasi (Pergeseran)
·      Refleksi (Pencerminan)
·      Rotasi (Perputaran)
·      Dilatasi (Perkalian)
Mengamati
§  Mengamati gambar/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan transformasi, seperti bayangan pada sebuah cermin, hasil pembesaran atau pengecilan sebuah photo, jarak yang ditempuh suatu kendaran dari tempat semula, dan lain sebagainya

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana cara menggambarkan sebuah bayangan pada cermin ? Mengapa transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? Apa manfaatnya?
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai penerapan transformasi, misal: bagiamana jika dalam kehidupan tak ada transformasi?Bagaimana seorang nahkoda dalam menentukan arah yang kan dilalui, dsb

Mengeksplorasi
§  Membahas, berdiskusi dan menjelaskan konsep, ciri-ciri transformasi geometri berupa dilatasi (perkalian, perbesaran, kontraksi, kompresi), translasi (pergeseran/ perpindahan), refleksi (pencerminan) dan rotasi (perputaran) dan komposisinya dengan bantuan diagram/gambar atau perangkat IT
§  Menjelaskan, menggambarkan dan menentukan hasil bayangan pencerminan pada bidang Cartesius; hasil translasi suatu titik; hasil rotasi suatu titik, garis, dan bangun datar; hasil dilatasi suatu titik, garis, dan bangun datar dari hasil dilatasi
§  Menjelaskan, menggambarkan dan menentukan hasil komposisi tranformasi suatu titik, garis, dan bangun datar

Mengasosiasi
§  Menganalisis persamaan dan perbedaan serta merumuskan sifat dilatasi, translasi, pencerminan dan rotasi
§  Menganalisis hasil dari dilatasi dengan berbagai posisi titik pusat
§  Menganalisis  hasil dari rotasi dengan berbagai posisi titik pusat
§  Mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan transformasi geometri


Mengkomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan hasil transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan dan rotasi) yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan transformasi
§  Mencari informasi penggunaan transformasi dalam kehidupan sehari-hari

Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan transformasi (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi)  kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan


20 jp
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga bangun datar
8.1  Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis



8.2  Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
Peluang dan Statistik
statistik
·      Pengertian Data
·      Pengumpulan Data
·      Pengolahan data
·      Penyajian Data




Peluang
·      Ruang sampel
·      Pengertian Peluang
Komplemen Kejadian



Mengamati
§  Mengamati gambar/foto/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan data, contoh pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pencacahan jumlah penduduk, tabel, grafik, batang, diagram lingkaran dan grafik garis, seperti penggunaan hasil survey lembaga tentang partai politik, dsb

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana cara mendapatkan data jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun? Mengapa pengolahan data sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek statistik, misal: bagaimana keandalan data untuk memprediksi suatu peristiwa, bagaimana menentukan peluang kejadian tertentu, dsb

Mengeksplorasi
§  Menjelaskan berbagai informasi dari suatu objek atau benda misal: warna, bentuk, bahan, asal, nama dan sebagainya.
§  Membahas, memberi contoh, dan mendeskripsikan populasi sebagai sekumpulan data yang memiliki karakteristik sama dan menjadi objek inferensi, penggambaran atau deskripsi dari populasi tersebut, misal: populasi siswa, hewan, perangkat/perkakas benda.
§  Menjelaskan dan mendeskripsikan data sebagai informasi yang dicatat dan dikumpulkan berupa hasil hitungan atau pengukuran dari suatu objek atau benda misal: berat, ukuran, tinggi, lebar, volume, dan sebagainya
§  Berdiskusi dan menyusun lembar isian, formulir, atau kuesioner serta melakukan pengumpulan suatu data dengan cara pengukuran, pengamatan, dan pencacahan untuk mendapatkan data dan informasi dari beberapa teman sekelas, misal: nama, usia, berat dan tinggi badan, tempat dan tanggal lahir, jumlah saudara, dsb
§  Menyajikan hasil pengumpulan data ke bentuk table biasa, table frekuensi, diagram batang, garis dan lingkaran, grafik dengan menggunakan skala serta dilengkapi keterangan dan judul yang tepat
§  Secara berkelompok melakukan demonstrasi  dalam mengumpulkan, dan mengklasifikasi data tunggal yang berasal dari kehidupan sehari-hari, misalkan mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, mencacah jumlah keluarga, mengukur panjang daun, menghitung banyaknya kendaraan yang melintas di perempatan dalam jangka  waktu tertentu dengan penuh tanggung jawab.
§  Menjelaskan dan mendeskripsikan pengertian data tunggal,  mengolah dan menyajikannya dalam bentuk tabel atau diagram secara mandiri
§  Mengolah, mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak berkelompok (tunggal) untuk menentukan deskripsi data seperti ukuran pemusatan (rata-rata, median, modus, kuartil), ukuran penyebaran data (range/jangkauan, simpangan kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku) ataupun mendeskripsikan table atau grafik agar lebih mudah dibaca dan dimaknai
§  Mengolah, mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak berkelompok (tunggal) untuk melakukan inferensi  seperti memprediksi nilai observasi masa depan berdasarkan perilaku data, menentukan hubungan antar data, atau menafsirkan dan mengambil keputusan berdasar analisis data
§  Mencari informasi bagaimana menyajikan data dalam bentuk diagram dengan perangkat pengolah kata dan pengolah data  dengan teliti. Kemudian, Peserta Didik membuat sembarang data dan menyajikannya dalam bentuk diagram batang, garis, atau lingkaran (simulasi program komputer)

Mengasosiasi
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan menyimpulkan jenis hasil pengumpulan data dari berbagai objek, misal: data jenis kelamin, agama, warna kulit, dsb; data tingkat pendidikan, tingkat kepuasan, dsb; data tahun, temperature, dsb; dan data pengukuran ukuran benda, tinggi, dsb
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan menyimpulkan perbedaaan dan persamaan hasil penafsiran, deskripsi atau statistic dari dua kelompok data sejenis atau apabila objek pengumpulan data dipilih dengan kriteria tertentu
§  Menganalisis dan memberi penjelasan alasan proses pembacaan data yang paling mudah, apakah dengan tabel, diagram, atau grafik.
Mengkomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan pengolahan data yang dikuasai, contoh bagaimana cara melakukan pengolahan data dari hasil pengukuran, pencacahan, dan lain sebagainya
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penyajian  datadalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, contoh bagaimana cara melakukan penyajian data dari hasil pengukuran, pencacahan, dan lain sebagainya.
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan data
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: melakukan survei suatu data



Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan statistika terutama penyajian dan pengolahan kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
§  Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pengolahan data, penyajian data.
§  Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan penyajian data

15 jp
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Data sehari-hari, lingkungan.
Data faktual
8.3  Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data;



8.4  Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.
Peluang
·      Ruang sampel
·      Pengertian Peluang
·      Komplemen Kejadian
Mengamati
§  Mengamati gambar/tayangan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang empirik, seperti peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan? Berapa kemungkinan seorang nasabah dating ke bank dalam sebulan? dsb
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana alasan, ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?

Mengeksplorasi
§  Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi dikaitkan dengan peluang kejadian.
§  Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang kejadian.
§  Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik) melalui percobaaan atau eksperimen statistik melempar uang logam atau koin, dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan serta mencatat hasil kejadiannya ke dalam tabel
§  Menjelaskan berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang sampel sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari ruang sampel, melalui diagram atau cara lainnya
§  Mendalami lebih lanjut, dengan berkelompok melakukan percobaan lainnya misal mengambil bola dengan berbagai warna dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa diminta mengambil salah satu bola secara acak, siswa menebak bahwa bola yang kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa menanggapi benar atau tidaknya pernyataan tersebut sambil memberikan alasannya secara demokratis.
§  Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam tabel

Mengasosiasi
§  Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah cara terjadi semua kejadian.
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal:  peluang seorang calon bupati terpilih adalah 60%, dsb
§  Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
§  Menganalisis dan merumuskan peluang empirik berdasarkan hasil percobaaan

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan peluang, contoh mencari peluang emprik dari suatu percobaan.
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
Mengamati
§  Mengamati gambar/tayangan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang empirik, seperti peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan? berapa kemungkinan seorang nasabah dating ke bank dalam sebulan? dsb
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana alasan, ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?

Mengeksplorasi
§  Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi dikaitkan dengan peluang kejadian.
§  Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang kejadian.
§  Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik) melalui percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang logam atau koin, dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan serta mencatat hasil kejadiannya ke dalam tabel
§  Menjelaskan berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
§  Mendalami lebih lanjut, dengan berkelompok melakukan percobaan lainnya misal mengambil bola dengan berbagai warna dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa diminta mengambil salah satu bola secara acak, siswa menebak bahwa bola yang kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa menanggapi benar atau tidaknya pernyataan tersebut sambil memberikan alasannya secara demokratis.
§  Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam tabel

Mengasosiasi
§  Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah cara terjadi semua kejadian.
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal:  peluang seorang calon bupati terpilih adalah 60%, dsb
§  Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
§  Menganalisis dan merumuskan peluang empirik berdasarkan hasil percobaaan

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan peluang, contoh mencari peluang emprik dari suatu percobaan.
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan peluang
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah peluang dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan peluang kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
§  Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan peluang, menentukan peluang, menentukan peluang empirik
§  Menilai keterampilan menyelesaikan permasalah yang melibatkan peluang


Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga koin, dadu, benda lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar