SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai
pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
5.1
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;
5.2
Menaksir dan menghitung luas permukaan
bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri;
5.3
Menyelesaikan
permasalahan
nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.
|
Segiempat
dan Segitiga
·
Sifat-sifat Segiempat
·
Keliling dan Luas Segiempat
·
Sifat-sifat Segitiga
·
Luas dan Keliling Segitiga
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan konsep
segitiga dan segiempat, seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang
berbentuk segitiga, bentuk jendela, kaca, pintu, kebun berpetak dan lain
sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana seorang tukang bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam
membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk segitiga dan
segiempat.
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek
segitiga dan segempat, misal bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb
serta penerapan bangun datar pada kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
§ Mengidentifikasi
dan menjelaskan benda-benda dengan permukaaan berbentuk segitiga atau
segiempat yang bersifat alamiah ataupun buatan manusia untuk kepentingan
estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi ergonomisnya
§ Menggambar atau
melukis segitiga dan segi empat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan
modelnya. Mengukur sudutnya dengan dengan menggunakan busur derajat
§ Menentukan jenis,
sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan
antar sudut dan sisi-sisi
§ Mendiskusikan dan
menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang dan
segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
§ Menggambar,
mendemonstrasikan atau memperagakan berbagai bangun segitiga dan persegi panjang
dengan luas atau keliling tertentu dengan bantuan alat atau tanpa alat peraga
§ Mendiskusikan dan
menjelaskan cara menghitung luas segi empat lainnya (trapesium, jajargenjang,
belah ketupat, dan layang-layang) atau bangun gabungan melalui pengamatan atau
eksperimen
§ Mendiskusikan cara
menaksir luas bangun datar tidak beraturan
§ Melukis segitiga
yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan
dua sudut
§ Melakukan diskusi
cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki, garis bagi , garis
berat dan garis sumbu
§ Mendiskusikan,
membahas dan menjelaskan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan sisi-sisi, sudut pada segitiga dan segi empat serta masalah
keliling dan luas
§ menyusun
beberapa potongan puzzle menjadi bangun segi
empat tertentu serta mendiskusikan dan mengidentifikasi sifat – sifat
persegi , persegi panjang , trapezium , jajaran genjang belah ketupat dan
layang-layang melalui bangun- bangun datar.
Mengasosiasi
§ Menganalisis
dan melukis berbagai jenis segitiga dengan karakteristik tertentu dengan
menggunakan penggaris dan jangka
§ Menganalisis,
mengkaitkan dan mendefinisikan secara lebih persis perbedaan dan persamaan
segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga lancip,
segitiga tumpul, persegi, persegi panjang, trapezium, jajar genjang, belah
keupat, layang-layang
§ Menganalisis
persamaan dan perbedaan dari garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis
sumbu suatu segitiga
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat
segitiga yang dikuasai, contoh
menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat
segiempat yang dikuasai, contoh
menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu
guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap
lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
berkaitan dengan segiempat dan segitiga
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
sejarah segitiga dan mencari informasi seputar macam-macam segiempat
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan segiempat dan segitiga kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan segitiga dan segiempat
§
Menilai keterampilan memecahkan permasalahan keseharian
yang melibatkan segitiga dan segiempat
|
25 jp
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga segiempat dan segitiga
|
6.1
Menyelesaikan Menyelesaikan persamaan dan
pertaksamaan linear satu variabel
6.2
Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel.
6.3
Menggunakan konsep aljabar dalam
menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
|
Persamaan
dan Pertidaksmaan Linear satu Variabel serta aritmetika sosial
· Kalimat Tertutup
· Kalimat Terbuka
· Pengertian
Persamaan Linear Satu Variabel
· Pengertian
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
· Penyelesaian
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Aritmetika Sosial
·
Nilai Suatu Barang
·
Harga Penjualan
·
Harga Pembelian
·
Untung
·
Rugi
·
Diskon, Pajak, Bruto, Tara, dan Netto
· Bunga Tunggal
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan hubungan fungsional atau
penggunaan persamaan linear satu variabel, seperti panas benda dengan ukuran
panjang, kecepatan dan jarak tempuh dsb, serta hubungan fungsional atau
penggunaan pertidaksamaan linear satu variabel, seperti., seperti usia
minimal mendapatkan SIM, tonase kendaraan angkut dsb.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya berbagai
kejadian perubahan besaran yang berakibat pada perubahan besaran lainnya
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan bagaimana
tingkat pengaruh perubahan berdampak pada perubahan besaran lainnya, misal:
kecepatan datangnya banjir dengan lebar sungai, kecepatan berbagai jenis
kendaraan yang dipengaruhi oleh kondisi jalan, dsb
Mengeksplorasi
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang merupakan hubungan fungsional atau berkaitan dengan
persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
§ Menyatakan berbagai
peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang ke bentuk ekspresi
aljabar secara umum dan yangberupa persamaan/pertidaksamaan linear satu
variabel
§ Menyatakan suatu
persamaan / pertidaksamaan linear satu variable ke dalam bahasa verbal
sehari-hari dan memberikan contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§ Mendeskripsikan dan
mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan derajat dari persamaan/pertidaksamaan
linear satu variabel
§ Mendiskusikan cara
penyelesaian persamaan linear/pertidaksamaan satu variabel melalui
memanipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana yang setara
dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
§ Mendiskusikan dan
menjelaskan perbedaan kesamaan, persamaan, ketidaksamaan, dan pertidaksamaan,
persamaan linier satu variabel dan pertidaksamaan linier satu variabel
§ memberikan
contoh kasus keseharian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel dan menyusunnya dalam model matematika yang sesuai.
Mengasosiasi
§
mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan
kalimat terbuka atau tertutup bentuk linear, kalimat yang memiliki nilai
kebenaran, kalimat yang tidak memiliki nilai kebenaran
§
Mengidentifikasi, menganalisis dan menjelaskan
argumentasi kesetaraan berbagai bentuk persamaan/pertidaksamaan linear satu
variabel
§
Menganalisis, memodelkan dan keterkaitan antara bentuk
persamaan/pertidaksamaan nonlinear satu variable yang dapat diselesaikan
dengan mengubah ke bentuk linear
§
Menyimpulkan dan menguji kebenaran pengertian
persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan contoh-contoh yang
telah dipelajari
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan dalam menyelesaikan persamaan
linear satu variabel, contoh masalah persamaan/pertidaksamaan linear satu
variabel yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan
sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu
guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap
lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar penggunaan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dalam
kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama
KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan persamaan linear:
§ bentuk
verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
§ kesetaraan PLSV/
PtLSV
§ solusi PLSV/ PtLSV
|
25 jp
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
|
|
Aritmetika
Sosial
|
Mengamati
§
Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep aljabar dalam masalah
aritmatika sosial, seperti proses transaksi jual beli dalam perdagangan disebuah
kantin sekolah, bentuk lembah gunung, reproduksi makhluk hidup dsb.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya bagaimana
aktifitas sehari-hari yang melibatkan penggunaan bilngan, besaran-besaran
yang nilai dipengaruhi oleh besaran lain, misal:harga dan kualitas barang,
kecepatan dan waktu tempuh, dsb.
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan apakah berbagai
kejadian sehari-hari dapat dimodelkan dengan rumus tertentu, dsb.
Mengeksplorasi
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang berkaitan dengan ekspresi atau bentuk aljabar
§ Menyatakan suatu
bentuk aljabar ke dalam bahasa verbal sehari-hari dan memberikan
contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan ekspresi tersebut
§ Mendeskripsikan dan
mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan derajat dari ekpresi
aljabar
§ Mendiskusikan,
membahas, mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah sederhana aritmetika
social (seperi berbagai bentuk transaksi jual beli, pendapatan dan belanja di
keluarga atau lembaga, simpan pinjam, bunga kredit, deposito, tabungan, dsb)
serta menyatakan bentuk aljabarnya ke dalam berbagai bentuk penyajian.
§ Melakukan
pengamatan kegiatan perdagangan di pasar, warung, kantin sekolah, kemudian
membuatkan model matematikanya
§ melakukan pendataan
melalui wawancara antar anggota sekolah mengenai pengalaman transaksi ekonomi
(nama barang, harga beli, harga jual), kemudian mengolah data (untung/rugi)
dan mempresentasikannya serta menyimpulkan
bersama apa yang dimaksud pengertian harga jual, beli, untung dan rugi.
§ Menimbang
barang/makanan kemasan yang berisi netto (dalam gram) dengan neraca ohauss
dan membuat tabel yang berisi nilai
berat hasil timbangan(brutto), berat pada kemasan(netto), dan menghitung
selisihnya.
§ Menjelaskan,
merumuskan model matematika, memilih dan menerapkan strategi melalui
manipulasi alajabar untuk menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana
(seperti masalah harga produksi, jual, beli, untung, dan rugi, masalah berat
neto, bruto, dan tara)
Mengasosiasi
§ Menganalisis
penerapan konsep aljabar yang terkait dalam aritmatika sosial sederhana
§
Merumuskan suatu permasalahan aritmatika sosial
sederhana dengan menggunakan model matematika
Mengomunikasikan
§ Menyajikan secara
tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada
tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan penerapan konsep aljabar dalam menyelesaikan suatu permasalahan
aritmatika sederhana yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan
bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan resume
secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
berkaitan dengan aritmatika sosial sederhana
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:mencari informasi
sejarah seputar perdagangan
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau
presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan aritmatika sosial kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan konsep
aljabar yang diterapkan dalam
masalah aritmatika sosial sederhana
§
Menilai keterampilan menyelesaikan suatu permasalahan
yang melibatkan konsep aljabar
|
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Peristiwa sehari-hari, lingkungan.
Uang mainan, barang di sekolah
|
7.1
Memahami konsep transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan obyek-obyek geometri;
7.2
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik;
7.3
Menerapkan prinsip-prinsip transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan permasalahan
nyata.
|
Transformasi
·
Translasi (Pergeseran)
·
Refleksi (Pencerminan)
·
Rotasi (Perputaran)
·
Dilatasi (Perkalian)
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan/peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan transformasi,
seperti bayangan pada sebuah cermin, hasil pembesaran atau pengecilan sebuah
photo, jarak yang ditempuh suatu kendaran dari tempat semula, dan lain
sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana cara menggambarkan sebuah bayangan pada cermin ? Mengapa
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) sangat diperlukan
dalam kehidupan sehari-hari? Apa manfaatnya?
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai
penerapan transformasi, misal: bagiamana jika dalam kehidupan tak ada
transformasi?Bagaimana seorang nahkoda dalam menentukan arah yang kan
dilalui, dsb
Mengeksplorasi
§ Membahas,
berdiskusi dan menjelaskan konsep, ciri-ciri transformasi geometri berupa
dilatasi (perkalian, perbesaran, kontraksi, kompresi), translasi (pergeseran/
perpindahan), refleksi (pencerminan) dan rotasi (perputaran) dan komposisinya
dengan bantuan diagram/gambar atau perangkat IT
§ Menjelaskan,
menggambarkan dan menentukan hasil bayangan pencerminan pada bidang
Cartesius; hasil translasi suatu titik; hasil rotasi suatu titik, garis, dan
bangun datar; hasil dilatasi suatu titik, garis, dan bangun datar dari hasil
dilatasi
§ Menjelaskan,
menggambarkan dan menentukan hasil komposisi tranformasi suatu titik, garis,
dan bangun datar
Mengasosiasi
§ Menganalisis
persamaan dan perbedaan serta merumuskan sifat dilatasi, translasi,
pencerminan dan rotasi
§ Menganalisis hasil
dari dilatasi dengan berbagai posisi titik pusat
§ Menganalisis hasil dari rotasi dengan berbagai posisi
titik pusat
§ Mengidentifikasi,
merumuskan dan menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
transformasi geometri
Mengkomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan hasil transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan dan rotasi) yang dikuasai, contoh masalah
yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang
berkaitan dengan transformasi
§
Mencari informasi penggunaan transformasi dalam
kehidupan sehari-hari
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan transformasi (translasi, refleksi,
rotasi, dan dilatasi) kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
|
20 jp
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga bangun datar
|
8.1
Memahami teknik penataan data dari dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis
8.2
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
|
Peluang dan Statistik
statistik
· Pengertian Data
· Pengumpulan Data
· Pengolahan data
· Penyajian Data
Peluang
· Ruang sampel
· Pengertian Peluang
Komplemen Kejadian
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/tayangan/peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan data, contoh
pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pencacahan jumlah penduduk,
tabel, grafik, batang, diagram lingkaran dan grafik garis, seperti penggunaan
hasil survey lembaga tentang partai politik, dsb
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana cara mendapatkan data jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun?
Mengapa pengolahan data sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek
statistik, misal: bagaimana keandalan data untuk memprediksi suatu peristiwa,
bagaimana menentukan peluang kejadian tertentu, dsb
Mengeksplorasi
§
Menjelaskan berbagai informasi dari suatu objek atau
benda misal: warna, bentuk, bahan, asal, nama dan sebagainya.
§
Membahas, memberi contoh, dan mendeskripsikan populasi
sebagai sekumpulan data yang memiliki karakteristik sama dan menjadi objek
inferensi, penggambaran atau deskripsi dari populasi tersebut, misal:
populasi siswa, hewan, perangkat/perkakas benda.
§
Menjelaskan dan mendeskripsikan data sebagai informasi yang dicatat dan dikumpulkan berupa hasil
hitungan atau pengukuran dari suatu objek atau benda misal: berat, ukuran,
tinggi, lebar, volume, dan sebagainya
§
Berdiskusi dan menyusun lembar isian, formulir, atau
kuesioner serta melakukan pengumpulan suatu data dengan cara pengukuran,
pengamatan, dan pencacahan untuk mendapatkan data dan informasi dari beberapa
teman sekelas, misal: nama, usia, berat dan tinggi badan, tempat dan tanggal
lahir, jumlah saudara, dsb
§
Menyajikan hasil pengumpulan data ke bentuk table
biasa, table frekuensi, diagram batang, garis dan lingkaran, grafik dengan
menggunakan skala serta dilengkapi keterangan dan judul yang tepat
§ Secara berkelompok
melakukan demonstrasi dalam
mengumpulkan, dan mengklasifikasi data tunggal yang berasal dari kehidupan
sehari-hari, misalkan mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, mencacah
jumlah keluarga, mengukur panjang daun, menghitung banyaknya kendaraan yang
melintas di perempatan dalam jangka
waktu tertentu dengan penuh tanggung jawab.
§ Menjelaskan dan
mendeskripsikan pengertian data tunggal,
mengolah dan menyajikannya dalam bentuk tabel atau diagram secara
mandiri
§ Mengolah,
mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak
berkelompok (tunggal) untuk menentukan deskripsi data seperti ukuran
pemusatan (rata-rata, median, modus, kuartil), ukuran penyebaran data (range/jangkauan,
simpangan kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku) ataupun
mendeskripsikan table atau grafik agar lebih mudah dibaca dan dimaknai
§ Mengolah,
mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak
berkelompok (tunggal) untuk melakukan inferensi seperti memprediksi nilai observasi masa
depan berdasarkan perilaku data, menentukan hubungan antar data, atau
menafsirkan dan mengambil keputusan berdasar analisis data
§ Mencari informasi
bagaimana menyajikan data dalam bentuk diagram dengan perangkat pengolah kata
dan pengolah data dengan teliti.
Kemudian, Peserta Didik membuat sembarang data dan menyajikannya dalam bentuk
diagram batang, garis, atau lingkaran (simulasi program komputer)
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan menyimpulkan jenis hasil pengumpulan data dari berbagai
objek, misal: data jenis kelamin, agama, warna kulit, dsb; data tingkat
pendidikan, tingkat kepuasan, dsb; data tahun, temperature, dsb; dan data
pengukuran ukuran benda, tinggi, dsb
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan menyimpulkan perbedaaan dan persamaan hasil penafsiran,
deskripsi atau statistic dari dua kelompok data sejenis atau apabila objek
pengumpulan data dipilih dengan kriteria tertentu
§ Menganalisis
dan memberi penjelasan alasan proses pembacaan data yang paling mudah, apakah
dengan tabel, diagram, atau grafik.
Mengkomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan pengolahan data yang dikuasai,
contoh bagaimana cara melakukan pengolahan data dari hasil pengukuran,
pencacahan, dan lain sebagainya
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan penyajian datadalam bentuk tabel, diagram, dan
grafik, contoh bagaimana cara melakukan penyajian data dari hasil pengukuran,
pencacahan, dan lain sebagainya.
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
berkaitan dengan data
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: melakukan survei suatu
data
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan statistika terutama penyajian dan
pengolahan kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pengolahan
data, penyajian data.
§
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan
penyajian data
|
15 jp
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Data sehari-hari, lingkungan.
Data faktual
|
8.3
Menemukan peluang empirik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data;
8.4
Melakukan percobaan untuk menemukan peluang
empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.
|
Peluang
· Ruang sampel
· Pengertian Peluang
· Komplemen Kejadian
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang empirik, seperti
peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka
pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan? Berapa kemungkinan seorang nasabah
dating ke bank dalam sebulan? dsb
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan seputar peluang,
misal: bagaimana alasan, ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang
bersifat pasti, memiliki peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang
sama sekali?
Mengeksplorasi
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi dikaitkan dengan
peluang kejadian.
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat
dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang
kejadian.
§ Menjelaskan dan
mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik) melalui
percobaaan atau eksperimen statistik melempar uang logam atau koin, dadu,
dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu
berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan serta mencatat hasil
kejadiannya ke dalam tabel
§ Menjelaskan
berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang
sampel sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta
titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari
ruang sampel, melalui diagram atau cara lainnya
§ Mendalami lebih
lanjut, dengan berkelompok melakukan percobaan lainnya misal mengambil bola
dengan berbagai warna dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa
diminta mengambil salah satu bola secara acak, siswa menebak bahwa bola yang
kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa menanggapi
benar atau tidaknya pernyataan tersebut sambil memberikan alasannya secara
demokratis.
§ Menjelaskan dan
mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar
berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian
mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam
tabel
Mengasosiasi
§ Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui
percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau
perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah
cara terjadi semua kejadian.
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan
suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih
adalah 60%, dsb
§ Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu kejadian bernilai 0, antara
0 dan 1, dan bernilai 1
§ Menganalisis dan
merumuskan peluang empirik berdasarkan hasil percobaaan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan peluang, contoh mencari
peluang emprik dari suatu percobaan.
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang empirik, seperti
peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin, peluang munculnya angka
pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan? berapa kemungkinan seorang nasabah
dating ke bank dalam sebulan? dsb
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan seputar peluang,
misal: bagaimana alasan, ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang
bersifat pasti, memiliki peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang
sama sekali?
Mengeksplorasi
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi dikaitkan dengan
peluang kejadian.
§ Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat
dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang
kejadian.
§ Menjelaskan dan
mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik) melalui
percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang logam atau koin, dadu,
dsb, terjadinya muka koin pertama
atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari
sejumlah pelemparan serta mencatat hasil kejadiannya ke dalam tabel
§ Menjelaskan
berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang
sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta
titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari
ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
§ Mendalami lebih
lanjut, dengan berkelompok melakukan percobaan lainnya misal mengambil bola
dengan berbagai warna dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa
diminta mengambil salah satu bola secara acak, siswa menebak bahwa bola yang
kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa
menanggapi benar atau tidaknya pernyataan tersebut sambil memberikan
alasannya secara demokratis.
§ Menjelaskan dan
mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar
berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian
mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam
tabel
Mengasosiasi
§ Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui
percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau
perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah
cara terjadi semua kejadian.
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan
suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih
adalah 60%, dsb
§ Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu kejadian bernilai 0, antara
0 dan 1, dan bernilai 1
§ Menganalisis dan
merumuskan peluang empirik berdasarkan hasil percobaaan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan peluang, contoh mencari
peluang emprik dari suatu percobaan.
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
berkaitan dengan peluang
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
sejarah peluang dan penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan peluang kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan peluang, menentukan
peluang, menentukan peluang empirik
§
Menilai keterampilan menyelesaikan permasalah yang
melibatkan peluang
|
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga koin, dadu, benda lainnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar