Powered by Calendar Labs

Kamis, 24 Desember 2015

silabus matematika smp kelas VII semester 1



SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA


Satuan Pendidikan             : SMP

Kelas/Semester                    : VII/1

Kompetensi Inti                    : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya





2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3  Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.





1.1  Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
Bilangan
·      Bilangan Bulat
·      Operasi Hitung Bilangan Bulat
·      Perpangkatan Bilangan Bulat
·      Bilangan Pecahan
·      Operasi Hitung Bilangan Pecahan
·      Bilangan Rasional
Mengamati
§  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
§  Mengamati tayangan video/gambar misalkan  tentang keadaan suhu diberbagai negara, ketinggian suatu wilayah di berbagai daerah
§  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan pecahan, seperti potongan benda/buah atau potongan dari gambar benda/buah, dan sebagainya
§  Mengamati tayangan video/gambar misalkan tentang selembar kain/kertas yang dipotong menjadi beberapa bagian, kue ulang tahun yang dipotong-potong untuk dibagikan, dan sebagainya


Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan? Sejak kapan siswa menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan asli, bilangan cacah
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya

Mengeksplorasi
Penjumlahan
§  Menyebut dan menuliskan berbagai bilangan dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda
§  Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil
§  Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat
§  Menulis bentuk penjumlahan dari berbagai gabungan dua kumpulan benda
§  Mengingat dan mencongak penjumlahan bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
§  Menentukan nilai tempat suatu angka pada sebuah bilangan
§  Menyimpulkan sifat penjumlahan dengan bilangan nol dan sifat hasil penjumlahan berbagai bilangan dengan berbagai urutan
§  Menjumlah dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

Pengurangan
§  Menulis bentuk pengurangan dari pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
§  Menuliskan bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya
§  Mengingat dan mencongak pengurangan bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
§  Menyimpulkan sifat pengurangan dengan bilangan nol
§  Mengurang dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

    Perkalian
§  Menulis bentuk perkalian dari sejumlah benda yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok benda dengan jumlah yang sama dan menghitung hasilnya
§  Menulis bentuk perkalian dari bentuk penjumlahan berulang dan menghitung hasilnya
§  Mengingat dan mencongak perkalian bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
§  Menyimpulkan sifat perkalian dengan satu dan sifat hasil perkalian berbagai bilangan dengan berbagai urutan
§  Menghitung hasil perkalian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

    Pembagian
§  Menulis bentuk pembagian dari sejumlah/sekelompok benda yang diberikan kepada sejumlah orang dengan jumlah yang sama dan menghitung berapa orang yang mendapat bagian yang sama
§  Menulis bentuk pembagian dari bentuk pengurangan berulang
§  Menulis bentuk pembagian dari bentuk perkalian yang diberikan dan sebaliknya
§  Mengingat dan mencongak pembagian bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
§  Menyimpulkan sifat pembagian dengan satu, serta sisa hasil pembagian
§  Menghitung hasil pembagian dua bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya

    Operasi campuran
§  Menghitung hasil operasi campuran yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sesuai aturan

    Operasi bilangan bulat
§  Menuliskan bilangan dari fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
§  Membandingkan bilangan negatif melalui konteks sehari-hari yang relevan melalui istilah lebih dingin, lebih tinggi dan sebagainya dari kejadian sehari-hari
§  Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil
§  Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan bulat pada garis bilangan yang tepat
§  Menjumlah dan mengurang dua bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan atau cara lainnya
§  Menghitung hasil perkalian bilangan bulat melalui penjumlahan berulang atau cara lainnya
§  Menemukan cara dan menghitung hasil pembagian bilangan bulat dari bentuk perkaliannya atau cara lainnya
§  Menyimpulkan sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat

    Operasi bilangan pecahan
§  Menuliskan nilai pecahan dari fenomena sehari-hari seperti pemotongan benda menjadi beberapa bagian dan sebagainya
§  Menyatakan suatu pecahan ke dalam berbagai bentuk gambar dan sebaliknya
§  Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok pecahan pada garis bilangan yang tepat
§  Menyatakan suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang senilai dengan berbagai cara
§  Membandingkan dan mengurutkan sekelompok pecahan dari terkecil melalui representasi gambar atau kedudukannya dalam garis bilangan atau cara lainnya
§  Menghitung hasil penjumlahan pecahan melalui representasi gambar
§  Menjumlah dan mengurang pecahan berpenyebut sama
§  Menjumlah dan mengurang pecahan berpenyebut tidak sama dengan mengubah pecahan-pecahan ke bentuk pecahan lain dengan penyebut sama
§  Menghitung hasil perkalian pecahan melalui representasi gambar, secara aljabar atau cara lainnya
§  Menemukan cara dan menghitung hasil pembagian pecahan dari bentuk perkaliannya
§  Mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen
§  Melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan desimal dengan cara susun pendek atau cara lainnya
§  Menghitung hasil operasi campuran yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat dan pecahan sesuai aturan

Mengasosiasi
§  Menganalisis dan menyimpulkan melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan terkecil atau terbesar,artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang diberikan
§  Menganalisis dan menyimpulkan penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§  Menunjukkan melalui contoh bahwa pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif
§  Menganalisis dan menyimpulkan perkalian bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§  Menunjukkan bahwa perkalian dengan nol hasilnya nol melalui contoh atau secara aljabar
§  Menganalisis dan menyimpulkan penjumlahan dan perkalian bersifat asosiatif (dapat dikelompokkan urutan operasinya) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§  Menganalisis dan menyimpulkan sifat distributif (penyebaran) penjumlahan/pengurangan terhadap perkalian/pembagian melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§  Menganalisis, mengkaitkan dan menyimpulkan kedudukan bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat dan bilangan pecahan, serta bilangan rasional
§  Menceritakan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ke dalam bahasa sendiri, dalam bentuk diagram, ataupun ke bentuk representasi lainnya
§  Menjelaskan konsep, operasi hitung yang sesuai dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§  Menetukan model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§  Memilih strategi atau cara dan menyelsaikan model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§  Menetukan solusi dan memeriksa masuk akalnya solusi dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan operasi hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah bilangan dan pecahan dalam konteks sehari-hari

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bilangan kemudian disusun , didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan
§  penjumlahan
§  pengurangan
§  perkalian
§  pembagian

30 jp






Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga operasi bilangan
1.2  Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
1.3 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
Bilangan
·      Pola Bilangan
Mengamati
§  Mengamati video/foto atau peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan pola bilangan, pola geometris, atau pola peristiwa , seperti menentukan pola selanjutnya dari deretan kursi, pola kejadian suatu bencana, dsb.

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan suatu pola? Apa itu pola? Bagaimana menentukan pola berikutnya?bagaimana menentukan suatu pola
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai konsep pola bilangan, misal: adalah bagaimana menerapkan memprediksi event, kejadian, peristiwa berikutnya berdasar pola yang teramati? Seberapa akurat/teliti pola

Mengeksplorasi
§  Mendiskusikan dan menjelaskan alasan dalam memprediksi berbagai kemungkinan pola bilangan, pola geometris berdasarkan data yang disediakan
§  Menyusun atau membuat pola bilangan dan pola geometris tertentu dan meminta teman dalam kelompok untuk memprediksi polanya dan menjelaskan alasan logis yang dibuatnya
§  Mendiskusikan dan menjelaskan alasan dalam memprediksi aturan dari barisan bilangan dan barisan geometris berdasarkan data yang disediakan
§  Menyusun atau membuat barisan bilangan dan barisan geometris tertentu dan meminta teman dalam kelompok untuk memprediksi aturan dan menjelaskan alasan logis yang dibuatnya
§  Dengan permainan beberapa siswa memperagakan pola bilangan dengan alat peraga (kartu, batang korek api, kelereng, dll) secara kreatif.
§  Secara demokratis berkelompok melakukan demonstrasi untuk mengenalkan pola barisan bilangan.  Dari aktivitas tersebut dapat menemukan apa yang dimaksud dengan pola barisan bilangandan menemukan unsur-unsur pada masing-masing pola barisan bilangan yang ada dengan penuh tanggung jawab
§  Secara berkelompok  melakukan observasi pada barisan aritmatika dan barisan geometri dengan teliti. Dari aktivitas itu Peserta Didik diharapkan dapat memahami pengetian barisan aritmatika, barisan geometri, perbedaan barisan aritmatika dan barisan geometri dan unsur-unsurnya. Selanjutnya Peserta Didik dibimbing untuk menentukan suku tertentu dari barisan aritmatika dan barisa geometri.
Mengasosiasi
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan membedakan pola, barisan dan deret berdasarkan hasil pengamatan pola, barisan dan deret
§  Menetapkan aturan dan kriteria suatu barisan dan menuliskan, menggambarkan barisan yang terjadi
§  Menganalisis perbedaan pola barisan aritmetika dengan barisan geometri


Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan suatu pola, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah seputar pola
Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
§  Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pola suatu bilangan
§  Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu pola








Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga pola bilangan
2.1  Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
Himpunan
·      Pengertian Himpunan
·      Himpunan Semesta
·      Himpunan Kosong
·      Diagram Venn
·      Relasi Himpunan
·      Operasi Himpunan
Mengamati
§  Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§  Mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang peserta piala dunia masing-masing grup, kumpulan hewan, buah-buahan, kendaraan bermotor, atau kegiatan di pasar dan lain sebagainya.
§  Mengamati tayangan gambar/video misalkan negara peserta piala dunia yang diawali huruf ‘S’, ‘B’ atau huruf lainnya, dan sebagainya

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana mengelompokkan suatu benda? Apa kriteria yang digunakan? Mana yang masuk anggota kelompok dan mana bukan? Misalkan coba kelompokan mana dari tanyangan video/gambar, negara peserta grup A? Sebutkan nama siswa yang berawalan huruf K yang ada dikelasmu?
§  Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan, missal: apa kriteria untuk mengelompok benda telah jelas? Adakah kelompok benda tanpa kriteria yang jelas? Bagaimana kaitannya dengan himpunan?

Mengeksplorasi
§  Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§  Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
§  Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari hasil pengamatan
§  Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan: dengan mendaftar anggota-anggotanya, dengan kata-kata, diagram dan dengan notasi pembentuk himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§  Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§  Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan karakteristik keanggotaan  dan menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§  Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan

Mengasosiasi
§  Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§  Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
§  Menganalisis dan meyimpulkan perbedaan himpunan nol dan himpunan kosong
§  Menganalisis, merumuskan dan menyimpulkan himpunan kosong merupakan himpunan bagian dari setiap kelompok himpunan manapun
§  Menganalisis dan membandingkan operasi-operasi yang berlaku pada himpunan dengan operasi aljabar pada bilangan

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan

Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§  himpunan bagian
§  komplemen
§  operasi himpunan
§  diagram Venn
15 jp
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Benda di lingkungan.
3.1  Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih;
3.2  Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
3.3  Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
Perbandingan dan Skala
·      Pengertian Perbandingan
·      Jenis-jenis Perbandingan
·      Skala sebagai perbandingan






















Mengamati
§  Mengamati gambar/foto/video peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, seperti peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada resep, komposisi obat pada resep obat, dsb

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia untuk membedakan ukuran berat dari dua buah besaran yang berbeda? Mengapa konsep perbandingan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? Sebutkan penerapan konsep perbandingan yang kalian ketahui? Apa perbedaan Perbandingan dengan membandingkan selisih diantara dua buah benda dengan membandingkan hasil bagi dari dua buah benda
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai penerapan konsep perbandingan, misal: bagaimanana membuat denah untuk objek 3 dimensi, teknik membaca/ mendeskripsikan peta, dsb

Mengeksplorasi
§  Menggambar denah atau peta letak suatu benda/rumah dengan benda-benda lain tanpa skala dan dengan skala dilengkapi dengan unsur-unsur pelengkap peta
§  Mendiskusikan, membahas dan menentukan nilai perbandingan atau skala dari peta, serta menghitung ukuran sebenarnya benda dalam peta/denah/foto berdasarkan skalanya
§  Melakukan pengukuran  pada model (gambar, denah, peta) untuk menentukan jarak atau ukuran sebenarnya
§  Mendiskusikan, membahas dan menentukan nilai perbandingan dari komposisi bahan makanan, bahan obat pada resep, bahan bangunan dsb serta menghitung bahan yang diperlukan dalam resep/gedung dsb berdasarkan nilai perbandingan.
§  Menjelaskan, mendeskripsikan, menggambarkan dalam bentuk ilustrasi, gambar, diagram ataupun cara lainnya serta merumuskan model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan seharga(senilai), perbandingan  berbalik harga(nilai) baik yang bersifat linear ataupun non linear dalam masalah sehari-hari ataupun dalam matematika
§  Mendiskusikan masalah dan strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan serta membaca table atau grafik untuk membantu menyelesaikan masalah perbandingan untuk menaksir nilai besaran yang belum diketahui
Mengasosiasi
§  Mengidentifikasi, menganalisis dan menemukan atau merumuskan melalui pengamatan pola untuk menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih atau jumlah dua besaran diketahui
§  Menganalisis fenomena, peristiwa, kejadian suatu besaran untuk menyimpulkan perbandingan senilai atau perbandingan berbalik nilai berdasarkan data yang diketahui
§  Menganalisis dan memprediksi atau menyimpulkan batasan atau ketentuan berlakunya hubungan dua besaran yang bersifat fungsional dengan perbandingan tertentu
§  Membuat keterkaitan antara penyelesaian suatu permasalahan yang melibatkan perbandingan dengan tabel dan grafik
§  Membuat kesimpulan cara yang termudah dan keakuratan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang melibatkan konsep perbandungan apakah dengan tabel atau grafik.

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penerapan konsep perbandingan yang dikuasai, contoh menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep perbandingan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari seputar penggunaan perbandingan dan skala dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan skala kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan















Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan perbandingan:
§  identifikasi hubungan fungsional seharga, berbalik nilai, linear dan non linear
§  penerapan perbandingan dalam matematika dan di luar matematika
25 jp
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
 Peristiwa sehari-hari dan lingkungan.
4.1  Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
4.2  Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata
Garis dan Sudut
§  memahami kedudukan garis dan sudut
§  memahami hubungan antar sudut
Mengamati
§  Mengamati gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan konsep garis dan sudut seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang membentuk garis dan sudut
§  Mengamati tayangan gambar/video misalkan objek bangunan, tiang listrik, jalur rel kereta api, dan sebagainya untuk menentukan kedudukan dua garis

Menanya
§  Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana seorang tukang bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk garis dan sudut.
§  Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek garis dan sudut, misal bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan garis dan sudut  pada kehidupan sehari-hari

Mengeksplorasi
§  Mengidentifikasi dan menjelaskan benda-benda yang melibatkan sudut dan garis yang bersifat alamiah ataupun buatan manusia untuk kepentingan estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi ergonomisnya
§  Menggambar atau melukis garis dan sudut dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat
§  Menentukan titik, garis, dan bidang
§  Menentukan kedudukan kedua garis
§  Menentukan hubungan antar sudut dengan menggunakan alat peraga maupun tanpa alat peraga

Mengasosiasi
§  Menganalisis dan melukis berbagai garis dan sudut dengan karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris,  jangka, dan busur derajar
§  Menganalisis, mengkaitkan hubungan antara garis dengan sudut

Mengomunikasikan
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi tentang kedudukan garis dan hubungan antar sudut
§  Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segiempat  yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan garis dan sudut
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar garis dan sudut

Observasi
§  Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan garis dan sudut kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
§  Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan garis dan sudut
§  Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu garis dan sudut

20 jp
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga bilan gan, berbagai bangun



                                                                                                                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar