SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai
pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
1.1
Membandingkan dan mengurutkan berbagai
jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
|
Bilangan
·
Bilangan Bulat
·
Operasi Hitung Bilangan Bulat
·
Perpangkatan Bilangan Bulat
·
Bilangan Pecahan
·
Operasi Hitung Bilangan Pecahan
·
Bilangan Rasional
|
Mengamati
§
Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur
atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
§
Mengamati tayangan video/gambar misalkan tentang keadaan suhu diberbagai negara,
ketinggian suatu wilayah di berbagai daerah
§
Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan pecahan, seperti potongan
benda/buah atau potongan dari gambar benda/buah, dan sebagainya
§
Mengamati tayangan video/gambar misalkan tentang
selembar kain/kertas yang dipotong menjadi beberapa bagian, kue ulang tahun
yang dipotong-potong untuk dibagikan, dan sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan? Sejak kapan siswa
menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan asli, bilangan
cacah
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek
bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja
perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian
dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya
Mengeksplorasi
Penjumlahan
§
Menyebut dan menuliskan berbagai bilangan dari berbagai
kumpulan benda atau gambar benda
§
Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan dari
terkecil
§
Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok
bilangan pada garis bilangan yang tepat
§
Menulis bentuk penjumlahan dari berbagai gabungan dua
kumpulan benda
§
Mengingat dan mencongak penjumlahan bilangan sampai 20
dengan berbagai cara
§
Menentukan nilai tempat suatu angka pada sebuah
bilangan
§
Menyimpulkan sifat penjumlahan dengan bilangan nol dan
sifat hasil penjumlahan berbagai bilangan dengan berbagai urutan
§
Menjumlah dua bilangan dengan cara susun panjang, susun
pendek atau cara lainnya
Pengurangan
§
Menulis bentuk pengurangan dari pengambilan sejumlah
benda dari sekumpulan benda
§
Menuliskan bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan
yang diberikan atau sebaliknya
§
Mengingat dan mencongak pengurangan bilangan sampai 20
dengan berbagai cara
§
Menyimpulkan sifat pengurangan dengan bilangan nol
§
Mengurang dua bilangan dengan cara susun panjang, susun
pendek atau cara lainnya
Perkalian
§
Menulis bentuk perkalian dari sejumlah benda yang
terbagi ke dalam kelompok-kelompok benda dengan jumlah yang sama dan
menghitung hasilnya
§
Menulis bentuk perkalian dari bentuk penjumlahan
berulang dan menghitung hasilnya
§
Mengingat dan mencongak perkalian bilangan sampai 100
dengan berbagai cara
§
Menyimpulkan sifat perkalian dengan satu dan sifat
hasil perkalian berbagai bilangan dengan berbagai urutan
§
Menghitung hasil perkalian dua bilangan dengan cara
susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Pembagian
§
Menulis bentuk pembagian dari sejumlah/sekelompok benda
yang diberikan kepada sejumlah orang dengan jumlah yang sama dan menghitung
berapa orang yang mendapat bagian yang sama
§
Menulis bentuk pembagian dari bentuk pengurangan
berulang
§
Menulis bentuk pembagian dari bentuk perkalian yang
diberikan dan sebaliknya
§
Mengingat dan mencongak pembagian bilangan sampai 100
dengan berbagai cara
§
Menyimpulkan sifat pembagian dengan satu, serta sisa
hasil pembagian
§
Menghitung hasil pembagian dua bilangan dengan cara
susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Operasi
campuran
§
Menghitung hasil operasi campuran yang melibatkan
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sesuai
aturan
Operasi
bilangan bulat
§
Menuliskan bilangan dari fenomena sehari-hari yang
berkaitan dengan temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau
daratan, dan sebagainya
§
Membandingkan bilangan negatif melalui konteks
sehari-hari yang relevan melalui istilah lebih dingin, lebih tinggi dan
sebagainya dari kejadian sehari-hari
§
Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan bulat
dari terkecil
§
Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok
bilangan bulat pada garis bilangan yang tepat
§
Menjumlah dan mengurang dua bilangan bulat dengan
bantuan garis bilangan atau cara lainnya
§
Menghitung hasil perkalian bilangan bulat melalui
penjumlahan berulang atau cara lainnya
§
Menemukan cara dan menghitung hasil pembagian bilangan
bulat dari bentuk perkaliannya atau cara lainnya
§
Menyimpulkan sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian
dan pembagian bilangan bulat
Operasi
bilangan pecahan
§
Menuliskan nilai pecahan dari fenomena sehari-hari
seperti pemotongan benda menjadi beberapa bagian dan sebagainya
§
Menyatakan suatu pecahan ke dalam berbagai bentuk
gambar dan sebaliknya
§
Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok
pecahan pada garis bilangan yang tepat
§
Menyatakan suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang
senilai dengan berbagai cara
§
Membandingkan dan mengurutkan sekelompok pecahan dari
terkecil melalui representasi gambar atau kedudukannya dalam garis bilangan
atau cara lainnya
§
Menghitung hasil penjumlahan pecahan melalui
representasi gambar
§
Menjumlah dan mengurang pecahan berpenyebut sama
§
Menjumlah dan mengurang pecahan berpenyebut tidak sama
dengan mengubah pecahan-pecahan ke bentuk pecahan lain dengan penyebut sama
§
Menghitung hasil perkalian pecahan melalui representasi
gambar, secara aljabar atau cara lainnya
§
Menemukan cara dan menghitung hasil pembagian pecahan
dari bentuk perkaliannya
§
Mengubah pecahan ke bentuk desimal dan persen
§
Melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian pecahan desimal dengan cara susun pendek atau cara lainnya
§
Menghitung hasil operasi campuran yang melibatkan
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat dan pecahan
sesuai aturan
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan menyimpulkan melalui penalaran
induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan terkecil atau
terbesar,artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat ditunjukkan
bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang diberikan
§
Menganalisis dan menyimpulkan penjumlahan bersifat
komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§
Menunjukkan melalui contoh bahwa pengurangan dan
pembagian tidak bersifat komutatif
§
Menganalisis dan menyimpulkan perkalian bersifat
komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§
Menunjukkan bahwa perkalian dengan nol hasilnya nol
melalui contoh atau secara aljabar
§
Menganalisis dan menyimpulkan penjumlahan dan perkalian
bersifat asosiatif (dapat dikelompokkan urutan operasinya) melalui pengamatan
pola atau secara aljabar
§
Menganalisis dan menyimpulkan sifat distributif
(penyebaran) penjumlahan/pengurangan terhadap perkalian/pembagian melalui
pengamatan pola atau secara aljabar
§
Menganalisis, mengkaitkan dan menyimpulkan kedudukan
bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat dan bilangan pecahan, serta
bilangan rasional
§
Menceritakan masalah yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan ke dalam bahasa sendiri, dalam bentuk
diagram, ataupun ke bentuk representasi lainnya
§
Menjelaskan konsep, operasi hitung yang sesuai dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
§
Menetukan model atau kalimat matematika dari masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§
Memilih strategi atau cara dan menyelsaikan model atau
kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
§
Menetukan solusi dan memeriksa masuk akalnya solusi
dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan operasi hitung atau aljabar yang
dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas,
sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
sejarah bilangan dan pecahan dalam konteks sehari-hari
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan bilangan kemudian disusun , didiskusikan
dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan
§ penjumlahan
§ pengurangan
§ perkalian
§ pembagian
|
30 jp
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga operasi bilangan
|
1.2
Memahami pola dan menggunakannya untuk
menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
1.3 Menggunakan
pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
|
Bilangan
· Pola Bilangan
|
Mengamati
§
Mengamati video/foto atau peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan pola
bilangan, pola geometris, atau pola peristiwa , seperti menentukan pola
selanjutnya dari deretan kursi, pola kejadian suatu bencana, dsb.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan suatu pola? Apa itu pola?
Bagaimana menentukan pola berikutnya?bagaimana menentukan suatu pola
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai konsep
pola bilangan, misal: adalah bagaimana menerapkan memprediksi event,
kejadian, peristiwa berikutnya berdasar pola yang teramati? Seberapa
akurat/teliti pola
Mengeksplorasi
§ Mendiskusikan dan
menjelaskan alasan dalam memprediksi berbagai kemungkinan pola bilangan, pola
geometris berdasarkan data yang disediakan
§ Menyusun atau
membuat pola bilangan dan pola geometris tertentu dan meminta teman dalam
kelompok untuk memprediksi polanya dan menjelaskan alasan logis yang
dibuatnya
§ Mendiskusikan dan
menjelaskan alasan dalam memprediksi aturan dari barisan bilangan dan barisan
geometris berdasarkan data yang disediakan
§ Menyusun atau
membuat barisan bilangan dan barisan geometris tertentu dan meminta teman
dalam kelompok untuk memprediksi aturan dan menjelaskan alasan logis yang
dibuatnya
§ Dengan permainan
beberapa siswa memperagakan pola bilangan dengan alat peraga (kartu, batang
korek api, kelereng, dll) secara kreatif.
§ Secara demokratis
berkelompok melakukan demonstrasi untuk
mengenalkan pola barisan bilangan.
Dari aktivitas tersebut dapat menemukan apa yang dimaksud dengan pola
barisan bilangandan menemukan unsur-unsur pada masing-masing pola barisan
bilangan yang ada dengan penuh tanggung jawab
§ Secara
berkelompok melakukan observasi pada
barisan aritmatika dan barisan geometri dengan teliti. Dari aktivitas itu
Peserta Didik diharapkan dapat memahami pengetian barisan aritmatika, barisan
geometri, perbedaan barisan aritmatika dan barisan geometri dan
unsur-unsurnya. Selanjutnya Peserta Didik dibimbing untuk menentukan suku
tertentu dari barisan aritmatika dan barisa geometri.
Mengasosiasi
§
Mengidentifikasi, menganalisis dan membedakan pola,
barisan dan deret berdasarkan hasil pengamatan pola, barisan dan deret
§
Menetapkan aturan dan kriteria suatu barisan dan
menuliskan, menggambarkan barisan yang terjadi
§
Menganalisis perbedaan pola barisan aritmetika dengan
barisan geometri
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan suatu pola, contoh
masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
berkaitan dengan pola bilangan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
sejarah seputar pola
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pola
suatu bilangan
§
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan
suatu pola
|
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga pola bilangan
|
2.1
Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan
bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
contoh.
|
Himpunan
· Pengertian Himpunan
· Himpunan Semesta
· Himpunan Kosong
· Diagram Venn
· Relasi Himpunan
· Operasi Himpunan
|
Mengamati
§
Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan
hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain sebagainya
§
Mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang
peserta piala dunia masing-masing grup, kumpulan hewan, buah-buahan,
kendaraan bermotor, atau kegiatan
di pasar dan lain sebagainya.
§
Mengamati tayangan gambar/video misalkan negara peserta
piala dunia yang diawali huruf ‘S’, ‘B’ atau huruf lainnya, dan sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana mengelompokkan suatu benda? Apa kriteria yang digunakan? Mana yang
masuk anggota kelompok dan mana bukan? Misalkan coba kelompokan mana dari
tanyangan video/gambar, negara peserta grup A? Sebutkan nama siswa yang
berawalan huruf K yang ada dikelasmu?
§
Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan
tentang himpunan, missal: apa kriteria untuk mengelompok benda telah jelas?
Adakah kelompok benda tanpa kriteria yang jelas? Bagaimana kaitannya dengan
himpunan?
Mengeksplorasi
§
Menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang
digunakan untuk mengkalisifikasi dan mengelompokkan benda-benda
§
Menjelaskan himpunan melalui contoh dengan bantuan
diagram, gambar atau cara lainnya
§
Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan
dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau
gambar benda dari hasil pengamatan
§
Berdiskusi, membahas, menjelaskan dan menuliskan cara
menyajikan himpunan: dengan mendaftar anggota-anggotanya, dengan kata-kata,
diagram dan dengan notasi pembentuk himpunan berdasarkan pengelompokan dari
hasil pengamatan
§
Berdiskusi, membahas, dan memilih cara penyjian
himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§
Menentukan anggota dan banyak anggota himpunan dari
kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan himpunan
kosong, nol, berhingga, tak berhingga menggunakan konteks nyata
§
Menjelaskan, mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan
dan karakteristik himpunan semesta dari kelompok benda/ himpunan bilangan
berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
Menjelaskan karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian dari
kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok
benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menentukan
karakteristik keanggotaan dan hasil irisan dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan
§
Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan
hasil gabungan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§
Menjelaskan karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil pengurangan atau
selisih dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§
Menggambar berbagai bentuk diagram venn dari dua atau
lebih dari kelompok benda/himpunan
§
Menjelaskan dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua
atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§
Diskusi menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan permasalahan dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan
konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai contoh
§
Menganalisis, mengkaitkan, dan mendeskripsikan
perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
§
Menganalisis dan meyimpulkan perbedaan himpunan nol dan
himpunan kosong
§
Menganalisis, merumuskan dan menyimpulkan himpunan
kosong merupakan himpunan bagian dari setiap kelompok himpunan manapun
§
Menganalisis dan membandingkan operasi-operasi yang
berlaku pada himpunan dengan operasi aljabar pada bilangan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan
hasil diskusi dan pengamatan
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang
berkaitan dengan himpunan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
§
dll.
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§ himpunan bagian
§ komplemen
§ operasi himpunan
§ diagram Venn
|
15 jp
|
Buku
teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Benda
di lingkungan.
|
3.1
Memahami konsep perbandingan dan
menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
atau lebih;
3.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
3.3
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
|
Perbandingan
dan Skala
·
Pengertian Perbandingan
·
Jenis-jenis Perbandingan
·
Skala sebagai perbandingan
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep
perbandingan, seperti peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada
resep, komposisi obat pada resep obat, dsb
Menanya
§ Guru dapat
memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia untuk
membedakan ukuran berat dari dua buah besaran yang berbeda? Mengapa konsep
perbandingan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? Sebutkan
penerapan konsep perbandingan yang kalian ketahui? Apa perbedaan Perbandingan
dengan membandingkan selisih diantara dua buah benda dengan membandingkan
hasil bagi dari dua buah benda
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai
penerapan konsep perbandingan, misal: bagaimanana membuat denah untuk objek 3
dimensi, teknik membaca/ mendeskripsikan peta, dsb
Mengeksplorasi
§ Menggambar denah
atau peta letak suatu benda/rumah dengan benda-benda lain tanpa skala dan
dengan skala dilengkapi dengan unsur-unsur pelengkap peta
§ Mendiskusikan,
membahas dan menentukan nilai perbandingan atau skala dari peta, serta
menghitung ukuran sebenarnya benda dalam peta/denah/foto berdasarkan skalanya
§ Melakukan
pengukuran pada model (gambar, denah,
peta) untuk menentukan jarak atau ukuran sebenarnya
§ Mendiskusikan,
membahas dan menentukan nilai perbandingan dari komposisi bahan makanan,
bahan obat pada resep, bahan bangunan dsb serta menghitung bahan yang
diperlukan dalam resep/gedung dsb berdasarkan nilai perbandingan.
§ Menjelaskan,
mendeskripsikan, menggambarkan dalam bentuk ilustrasi, gambar, diagram
ataupun cara lainnya serta merumuskan model matematika dari konsep
perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran
lain berbentuk perbandingan seharga(senilai), perbandingan berbalik harga(nilai) baik yang bersifat
linear ataupun non linear dalam masalah sehari-hari ataupun dalam matematika
§ Mendiskusikan
masalah dan strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep
perbandingan serta membaca table atau grafik untuk membantu menyelesaikan
masalah perbandingan untuk menaksir nilai besaran yang belum diketahui
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi,
menganalisis dan menemukan atau merumuskan melalui pengamatan pola untuk
menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan
selisih atau jumlah dua besaran diketahui
§
Menganalisis fenomena, peristiwa, kejadian suatu
besaran untuk menyimpulkan perbandingan senilai atau perbandingan berbalik nilai berdasarkan data yang diketahui
§
Menganalisis dan memprediksi atau menyimpulkan batasan
atau ketentuan berlakunya hubungan dua besaran yang bersifat fungsional
dengan perbandingan tertentu
§
Membuat keterkaitan antara penyelesaian suatu
permasalahan yang melibatkan perbandingan dengan tabel dan grafik
§
Membuat kesimpulan cara yang termudah dan keakuratan
dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang melibatkan konsep perbandungan
apakah dengan tabel atau grafik.
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan penerapan konsep perbandingan yang
dikuasai, contoh menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep
perbandingan
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya.
|
Tugas
§ Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
§ Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari seputar penggunaan perbandingan dan skala dalam
kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
§
dll.
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan
perbandingan dan skala kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan perbandingan:
§ identifikasi
hubungan fungsional seharga, berbalik nilai, linear dan non linear
§ penerapan perbandingan
dalam matematika dan di luar matematika
|
25 jp
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Peristiwa sehari-hari dan lingkungan.
|
4.1
Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam
pemecahan masalah nyata.
4.2 Menerapkan berbagai
konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis
serta pemecahan masalah nyata
|
Garis
dan Sudut
§ memahami kedudukan
garis dan sudut
§ memahami hubungan
antar sudut
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan konsep garis
dan sudut seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang membentuk garis
dan sudut
§
Mengamati tayangan gambar/video misalkan objek bangunan,
tiang listrik, jalur rel kereta api, dan sebagainya untuk menentukan
kedudukan dua garis
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana seorang tukang bangunan, arsitek, desainer interior, dsb dalam
membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk garis dan sudut.
§
Siswa termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek
garis dan sudut, misal bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta
penerapan garis dan sudut pada
kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
§ Mengidentifikasi
dan menjelaskan benda-benda yang melibatkan sudut dan garis yang bersifat
alamiah ataupun buatan manusia untuk kepentingan estetik, fungsi, manfaat,
ataupun fungsi ergonomisnya
§ Menggambar atau
melukis garis dan sudut dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur
derajat
§ Menentukan titik,
garis, dan bidang
§ Menentukan
kedudukan kedua garis
§ Menentukan hubungan
antar sudut dengan menggunakan
alat peraga maupun tanpa alat peraga
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan melukis berbagai garis dan sudut dengan
karakteristik tertentu dengan menggunakan penggaris, jangka, dan busur derajar
§
Menganalisis, mengkaitkan hubungan antara garis dengan
sudut
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi tentang kedudukan
garis dan hubungan antar sudut
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat
segiempat yang dikuasai, contoh
menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya
jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan
tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun
sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
berkaitan dengan garis dan sudut
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar garis dan sudut
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan garis dan sudut kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan garis dan
sudut
§
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan
suatu garis dan sudut
|
20 jp
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga bilan gan, berbagai bangun
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar